Selasa, 20 Januari 2015

Day Diary (20 Januari 2015)

Hari ini aku mengikuti dua buah perlombaan foto, lomba foto #IniAksiku yang diadakan oleh Earth Hour Indonesia di Twitter dan lomba #Enevation yang diadakan oleh Kompas Muda di Instagram  

"Wah, rajin banget ikutan lomba-lomba, Kak." Iya, memang aku sering mengikuti berbagai perlombaan,  Kek. Tapi bukan hadiah yang aku kejar, melainkan proses pendewasaan diri. :)

"Proses pendewasaan diri? Apa kaitanya dengan perlombaan, bung?" Perlombaan adalah sebuah tantangan, tantangan dibutuhkan dalam proses pendewasaan diri seorang manusia. :)

Bahkan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dijelaskan bahwa pendewasaan adalah proses, cara, perbuatan menjadikan dewasa: proses - dipercepat oleh munculnya bermacam-macam tantangan

Tantangan akan melatih kedisiplinan, keuletan, kerajinan, keterampilan, dan konfiks pembentuk verba lainnya yang dibutuhkan untuk proses pendewasaan diri.

Jadi, sudah mengerti dampak positif dari mengikuti perlombaan terhadap proses pendewasaan diri?

"Sudah, Kak. Silahkan lanjutkan ceritanya. :D" Oke siap, segera dilaksanakan, Kek. :)

Dua perlombaan foto ini mengusung tema yang hampir sama, yaitu gerakan untuk menghemat energi yang dikemas di dalam sebuah foto. Namun konsep yang diusung oleh dua penyelenggara berbeda. 


Konsep lomba foto yang dilombakan oleh EH Indonesia adalah foto aktivitas #IniAksiku menghemat energi dalam satu minggu, dengan sub-tema yang berbeda-beda. Hari pertama, kemarin, tema foto adalah tumbler (tempat minum). Hari ini temanya adalah re-use bag atau goodie bag

Ini beberapa fotoku yang telah diikut sertakan dalam perlombaan #IniAksiku:


Sedia Tumbler Sebelum Haus Saat #BiketoCampus



Diet Kantong Plastik Saat Belanja Buku Dengan Membawa Goodie Bag
"Wah, bagi informasi lengkapnya dong, bos. Ane pengen ikutan." Kalau lomba yang ini sudah dimulai dari hari senin, ane juga baru tahunya kemarin juga dari adik kelas di kampus. 

Setahuku, lomba #IniAksiku memang bukan lomba berhadiah, hanya sekedar tantangan semata. Tetapi tak apa lah, aku tak terlalu peduli dengan hadiah. :D

"Lah, terus ngapain elu ikutan kalau engga ada hadiahnya? Cape-cape aja." Eh, elu juga udah tau kan gue sangat suka dengan yang namanya tantangan, jadi gue jabanin aja. Apalagi "menghemat energi" kan cuma hal-hal yang mudah untuk dilakukan, bagi gue sih, entahlah bagi orang lain. Apalagi lombanya cuma twitpic fotonya aja. ;)

Apalagi ada satu tema yang mengangkat mengenai "kendaraan ramah lingkungan", sudah tentu Jangkis masuk dalam kandidat tema di lomba tersebut. :D


"Kalau yang lomba Kompas muda, masih bisa, bos?" Bisa, masih ada waktu sampai tanggal 23 Januari 2015. Ayo ikutan juga!!


Untuk lomba yang diadakan oleh Kompas Muda memang cukup mudah, karena hanya ada satu tema foto saja, tetapi jujur lomba ini lebih memacu kreatifitas serta inovasiku. :)

Nah, ini dia foto yang aku ikut sertakan dalam lomba #Enervation dan sudah aku posting di akun Instagram @sandradewa_. Maaf kalau banyak narsis, namanya juga diary. :D




Aksiku Untuk Hemat Energi! #Enervation#KitadanEnergi @kompasmuda


Agar bisa menghemat energi listrik, gitar listrik dapat digunakan tanpa menggunakan speaker aktif. Cukup menggunakan aquarium sebagai medium atau perantara perambatan bunyi dari gitar listrik ke aquarium untuk melakukan proses resonansi sederhana. (Ilmu Fisika)



Caranya cukup tempelkan ujung gitar listrik ke badan aquarium, bunyi yang dihasilkan oleh gitar listrik pun akan merambat ke kaca aquarium dan membuat suara gitar listrik terdengar lebih jelas. :D



Inilah inovasi sederhanaku beraksi dan berkreatifitas dalam rangka menghemat energi @kompasmuda. :) Yuk tunjukan aksi hemat energimu dalam lomba #Enervation! Cek informasi lengkapnya di website www.kompasmuda.com




"Wah keren inovasinya, bos." Iya, pastinya aku juga akan mengatakan keren pada diriku sendiri sebagai bentuk sugesti diri, supaya kerennya menjadi nyata. Aamiin. :v

"Lomba ini cuma tantangan juga, bro?" Engga, lomba yang ini ada hadiahnya. Juara 1 mendapatkan uang tunai Rp. 3.000.000.


"Cuma juara 1 aja?" Engga, masih ada juara 2 dan juara 3. Aku hanya berusaha menuliskan target utamaku saja. :D

"Yaelah, elu bilang engga ngejar hadiah, tapi tantangan untuk proses pendewasaan diri." Hahaha, siapa tau aja gue beruntung. Soalnya kalau gue dapet hadiahnya, mau gue pake buat bayar uang kuliah semester depan. :') 

Ya, semoga saja lomba ini menjadi rezekiku dan Allah memberikan izin bagiku untuk menang, kebetulan aku jarang juga aku mendapatkan hadiah dengan nominal besar dari mengikuti berbagai macam perlombaan. :D

Sandra Dewa



3 komentar:

Pipit Widya mengatakan...

Setuju, sy ikut lomba kdg bukan krn hadiah tp krn ingin menguji diri sendiri.

Wah, go green banget ya.

Pipit Widya mengatakan...

Setuju, sy ikut lomba kdg bkn krn hadiah tp karena ingin menguji diri sendiri.

Wah, go green banget ya.

sariwidiarti mengatakan...

Kalau ikut lomba, selain hadiah juga kita melewati proses yang namanya kompetisi. Kalau kalah, kita bisa belajar dari para pemenang, diintip - intip bagaimana usaha pemenang yang belum kita terapkan. Next kalau ada lomba lagi, bisa menjadi lebih baik. Kalau aku suka lomba nulis, biar tulisanku bisa berkembang dan enak dibaca oleh semua kalangan :D