Rabu, 14 Januari 2015

Day Diary (13 Januari 2015)


Salah satu proyekku yang sempat terbengkalai, akhirnya dapat aku cicil hari ini, nama proyeknya adalah JURNALISTRIK. :))

"Jurnalistrik? Apa bedanya dengan jurnalistik, Kak?" Jurnalistrik adalah akronim dari jurnalistik dan listrik. Jurnalistik adalah hobiku, listrik adalah pekerjaanku (Tapi sekarang masih kuliah), jurnalistrik adalah pekerjaan yang akan aku jalani atas dasar hobi. :)

Jurnalistrik adalah cara yang aku buat untuk mengombinasikan antara ilmu akademikku di bidang listrik dan hobiku di bidang jurnalistik. Aku akan mulai menulis tulisan mengenai dunia kelistrikan, tetapi dengan gaya tulisan jurnalistik.

Fokus studi akademikku mulai dari duduk di bangku SMK sampai sekarang duduk di kursi kuliah, memang pada bidang kelistrikan. Jurnalistik adalah hobi baru bagiku, hobi mulai aku geluti semenjak kuliah, tepatnya saat masuk di tingkat 3.

"Terus, elu mau nulis di mana?" Pertanyaan bagus, berhubung gue sudah akrab dengan dunia blogging, jadi gue mau bikin di blog. Berhubung untuk platform blogspot dengan nama "Jurnalistrik" sudah dipake anak UGM (Tapi beda konsep loh), jadi aku menggunakan platform wordpress yang dipinjamkan kepada Blogdetik. :)

Ini dia URL blognya: http://jurnalistrik.blogdetik.com/

Tapi blognya baru didaftarkan saja, belum diolah lebih lanjut, jadi belum tersedia apa-apa. Insya Allah secepatnya, minta do'anya agar dilancarkan dan dapat bermanfaat. aamiin. ;)

JURNALISTRIK LOGO
Aku juga sudah mulai mendesain logo jurnalistrik yang nantinya akan aku gunakan sebagai tanda identitas blogku. Bagaimana desainku di atas, bagus? Ya, memang belum terlalu bagus, soalnya aku juga masih belajar mendesain. :)


"Desain yang lumayan lah untuk taraf pemula, bro." Thanks, Mblo. ;)

"Eh, tapi rasanya aneh kalau tidak baca tulisan jurnalistikmu. Adakah contoh-contoh tulisannya, bung?" Ada, baik akan aku postingkan juga di sini. :)

Alhamdulillah, sudah tiga kali tulisanku yang berbentuk artikel liputan kegiatan mahasiswa dan liputan organisasi mahasiswa, dimuat di rubrik Kompas kampus, offline maupun online. 


Nah, kalau ada yang sudi membaca tulisan-tulisanku yang pernah mejeng di rubrik Kompas kampus, silahkan mampir ke link-link di bawah ini:  

1. Mahasiswa Teknik Citarasa Sastra 

2. Pelatihan Jurnalistik"Who want's to be a Journalist"

3. Drama Musikal "Bandung Lautkeun Hejo"

"Wah, keren. Ko bisa sih, bos?" Alhamdulillah, aku mendapatkan dukungan secara moril & non-moril dari dosenku di kampus, tetapi bukan dosen di jurusanku, melainkan dosen di jurusan Desain Interior, sekaligus Dekan FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) di Itenas, Bandung. 

Beliau adalah Dr. Jamaludin, lebih familiar di telinga para sastrawan dengan panggilan Mang Jamal atau lebih singkat, padat, dan pampat dengan panggilan MJ. 

MJ adalah seorang penulis, selain aktif menulis di media massa, sudah banyak buku beliau yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia. Salah satu buku beliau yang sudah aku baca adalah novel berjudul Rakkaustarina (Finlandia: Kisah Cinta).

Mang Jamal

"Mang Jamal? Siapakah beliau itu, Kak?" Kamu tidak kenal mang Jamal? Kalau Andrea Hirata tentu kamu mengenalnya, bukan? Jangan salah,  MJ sudah bagaikan tempat curhat bagi Andrea Hirata ketika mengalami kehampaan dalam menulis loh, Kek. :D

Berkat beliau juga, aku dapat menggodok kemampuan menulis jurnalistikku melalui buletin kampus Itenas, kebetulan MJ yang mengelola buletin tersebut. Berkali-kali artikel buatanku dimuat, berkali-kali juga aku mendapatkan uang.  :v

Salah satu jalan yang memudahkan tulisan-tulisanku di muat di Kompas kampus adalah setelah aku diberikan link wartawan senior di Kompas yang juga mengenal MJ. Melalui link dari MJ, aku kirimkan tulisan-tulisan yang telah aku buat. Alhamdulillah, tiga kali mengirimkan, tiga kali juga tulisanku diterima. Terima kasih atas bantuannya, Mang Jamal. :D


Sejauh ini, kemampuan menulis jurnalistikku memang masih standar, perlu dilatih terus menerus. Melalui proyek jurnalistrik lah aku akan mengolah kemapuan menulis jurnalistikku, serta memperdalam ilmu kelistrikanku juga. Semoga kolaborasi ini berlangsung dengan lancar. Aamiin. :)

Sandra Dewa

2 komentar:

Anna mengatakan...

aamiin semoga dilancarkan \=D/ desain logonya lumayan bagus. blogwalking balik yuk http://anna-apb.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

Selamat menjadi jurnalis listrik hehe. Semoga istilah kelistrikan bisa lebih nyambung untuk orang awam dg tulisan jurnalustik...